Menjadi seorang idola maka berarti harus bersiap-siap kehilangan sesuatu yang disebut dengan privasi. Dunia idol adalah dunia di mana citra diri menjadi sesuatu yang sangat berharga baik bagi sang idol maupun bagi fans. Karena pada dasarnya behaviour dan attitude menjadi salah satu nilai jual yang kuat bagi seorang idol. Lalu apa aturan apa saja yang harus ditaati seorang idol untuk mempertahankan image baiknya di depan para fans?
1. Tidak merokok atau minum minuman keras.
Walaupun orang Jepang tidak bisa dipisahkan dengan minuman beralkohol (orang Jepang memiliki budaya minum bersama yang disebut dengan nomikai. Namun seorang idol tidak boleh minum minuman keras di depan publik. Apalagi jika sampai seorang idol tertangkap sedang dalam keadaan mabuk maka seketika itu imagenya di depan para fans akan hancur.
2. Dilarang pergi ke club malam.
Club malam identik dengan citra yang liar dan hura-hura. Hal ini tentu bukanlah image yang baik bagi seorang idol terutama idol remaja.
3. Tidak boleh pacaran
Seorang idol adalah milik para fans, maka jika ia mempunyai pacar maka para fans akan merasa cemburu dan bahkan tidak mungkin akan meninggalkannya dan tidak mengidolakannya lagi.
4. Ketika bepergian ke suatu tempat harus selalu dijaga oleh pengawal.
Ini berkaitan dnegan keselamatan para idol karena bukan tidak mungkin fans yang terlalu mengidolakan seseorang akan melakukan tindakan ekstrem yang dapat membahayakan jiwa sang idol.
5. Selalu mengutamakan pendidikan dan sekolah.
Pendidikan merupakan sebuah hal penting di Jepang tidak terkecuali untuk para idol. Tidak ada gunanya semua talenta yang dimiliki dan kegantengan atau kecantikan wajah para idol, jika ia tidak memperhatikan pendidikan, ia tidak akan mendapat image positif di depan para fansnya.
6. Tanda tangan adalah eksklusif
Tidak sembarangan memberikan tanda tangan kepada fans, karena tanda tangan merupakan sesuatu yang istimewa sehingga harus diberikan hanya pada momen tertentu misalnya saat meet and greet dan pada perilisan original merchandise.
7. Tidak berpenampilan menor.
Tidak memakai aksesoris yang banyak dan berlebihan lalu tidak boleh menor dalam menggunakan makeup juga merupakan hal yang harus selalu ditaati oleh para idol di Jepang. Takutnya kalo dandanan mereka terlalu menor, jadi susah bedain antara idol dan badut XD
Krena adanya empat musim inilah, setiap bulannya di Jepang terdapat kegiatan dan festival yang berkaitan dengan musim. Selain itu juga terdapat kue tradisional khas Jepang yang dibuat berdasarkan musim yang bernama WAGASHI.
2: Air keran bisa langsung diminum
3: Memiliki makanan lezat
Makanan-makanan di Jepang terkenal memiliki bentuk penyajian yang indah dan rasa yang lezat.
4: Memiliki beras berkualitas tinggi
5: Terhibur dengan anime dan manga
6: Keamanan terjamin karena kontrol senjata yang ketat
7: Copet tidak sesering luar negeri
8: Kereta api selalu tepat waktu
9: Tidak ada wajib militer
10: Ekonomi tinggi
11: Memiliki teknologi toilet
12: Keanekaragaman bahasa Jepang
Karena bahasa Jepang sangat beragam, banyak orang Jepang yang tidak mengerti bahasa Jepang itu sendiri.
13: Memiliki teknologi kebersihan makanan yang menakjubkan
Salah satunya bisa kita lihat dari cara mereka makan sushi. Makan sushi tidak boleh sembarangan karena sudah ada cara-cara dan etika yang harus diikuti.
14: Budaya otaku yang dapat menghibur
Jepang memang surganya para otaku.
15: Dapat melihat bunga sakura di musim semi
Tidak semua wilayah di Jepang memiliki pohon sakura, hanya beberapa saja yang memiliki bunga sakura terbaik. Lalu di mana lagi tempat terbaik untuk melihat Sakura?
16: Toko di mana-mana
Salah satu toko di Jepang yang terkenal adalah toko yang menjual semua banrangnya dengan harga yang sama, yaitu 100 yen.
17: Memiliki ikan yang baik karena negara ini dikelilingi oleh laut
Jepang memiliki pasar ikan terbesar di dunia yang bernama TSUKIJI MARKET.
18: Memberikan kontribusi terhadap budaya video game
Kalo kamu, apa alasan kamu bangga menjadi orang Indonesia? Kalo admin sih bangga menjadi orang Indonesia karena di Indonesia ada pylau Bali yang terkenal keindahannya sampai ke seluruh dunia (mentang-mentang admin domisili di Bali XD)
Jepang mempunyai selera tertentu untuk menilai sesuatu. Phrase BIG in Japan ditetatpkan pada tahun 1970an untuk mendeskripsikan para musisi asing yang mengalami sukses besar dijepang bahkan melebihi dari negaranya sendiri,yang masih digunakan hingga saat ini. Berikut beberapa kebudayaan asing yg mengalami sukses besar dijepang ;
1. Cheap Trick
Grup band rock asal Amerika yg sukses di Jepang,tidak ada 1 pun album dari cheap trick yg masuk di tangga lagu di US tapi mereka sukses besar di Jepang.
Cheap Trick adalah sebuah band rock Amerika yang sangat sukses di Jepang. Mereka mengeluarkan 3 album pertamanya di AS dan tidak ada 1 pun album dari cheap trick yang masuk di tangga lagu di US , namun mereka justru sukses dan gemilang di Jepang. Ketika Cheap Trick pertama kali tur di Jepang pada tahun 1978, negara ini menyambutnya dengan antusias.
2. Disneyland
Disneyland Tokyo adalah taman bermain ke 3 yang paling sering dikunjungi didunia, taman bermain ini tidak pernah mengalami masalah dengan penduduk lokal seperti apa yang dialami oleh disneyland di Paris. Di Perancis, Disneyland sempat digugat karena dress code yang digunakan dinilai melecehkan kebebasan personal. Namun di Jepang,hal ini tidak terjadi karena kebiasaan mereka yang mampu menerima pengaruh kebudayaan asing yang mereka ubah dan sesuaikan dengan kebudayaan mereka sendiri.
3. Louis Vuitton
Survey membuktikan bahwa 92% wanita Jepang memiliki paling tidak 1 tas Louis Vuitton,ini membuktikan bahwa penduduk Jepang mempunyai rasa hormat yang tinggi pada kebudayaan Perancis. Louis Vuitton memiliki reputasi yang sangat bagus dalam kualitas penjualan di Jepang.
4. Twin Peaks
Serial televisi dari Amerika yang diproduseri oleh David Lynch yang gagal total di US namun meledak di Jepang, hampir seluruh toko-toko video di Jepang menerima permintaan yang tinggi hingga berlipat untuk serial ini, bahkan salah satu grup Tour di Jepang terbang ke Snoqualmie Washington untuk melihat langsung lokasinya.
5. Anne of Green Gables
Bestselling Novel dari Kanada yang sukses dijepang, yang sudah menjadi kurikulum standar disekolah-sekolah Jepang sejak awal tahun 1950. Serial televisi Kanada Road to avenloa (1990-1996) yang dibuat berdasarkan novel tersebut juga sukses besar di Jepang.
6. Bob Sapp
Seorang atlet american football profesional yang menjadi sukses saat mengikuti turnamen K1 kickboxer thn 2000. Sapp memiliki pesona yang tidak bisa ditolak dikalangan masyarakat jepang, dia bahkan tampil secara regular di televisi Jepang dimana dia meraih reputasi justru sebagai komedian sukses.
7. Bon Jovi
Masyarsakat Jepang sangat mengagumi Bon Jovi, grup musik ini besar di Jepang sebelum akhirnya mereka sukses di dunia internasional.
8. Tommy Lee Jones
Dikenal di Jepang berkat serial iklan televisi yang dbintanginya yang berjudul BOSS coffe. Disini Tommy Lee Jones berperan sebagai alien yang bekerja part time sebagai pelayan di Jepang.
9. Miffy
Miffy adalah seekor kelinci yang berasal dari Belanda yang serial kartunnya sangat terkenal diJepang, bahkan banyak yang mengira bahwa Miffy adalah kelinci yang berasal dari Jepang.
10. Kit Kat
Di Jepang, permen adalah hal yang kompetitif, produk permen datang dan pergi setiap minggu. Kit Kat adalah pemenang di Jepang dari saat mereka mulai memasarkan produknya di Jepang.Kit Kat dalam bahasa Jepang terdengar seperti Kitto Katsu yang berarti hal yang pasti, hasilnya, ada sebuah legenda di Jepang yang mengatakan bahwa makan Kit Kat bisa mendapatkan nasib baik. Nestle telah membuat hampir 350 variasi rasa di Jepang termasuk rasa wasabi dan teh hijau.
11. Randy Bass
Randy Bass sebelumnya adalah seorang pemain baseball di US yang karirnya biasa-biasa saja. Setelah bergabung dengan Hanshin Tigers (Osaka) tahun 1953, dia menjadi satu-satunya pemain baseball Amerika yang sukses di Jepang. Randy menjadi ikon kesuksesan dan kebangkitan Hanshin Tigers yang sebelumnya tidak pernah mampu memenangi Japan series selama 50tahun. Bass bahkan memenangi pemukul terbaik di Liga 4 kali berturut-turut dan memecahkan beberapa rekor diliga. Diklub nya,Bass bahkan dianggap seperti dewa penyelamat.
12. Winter Sonata
Serial drama korea yang mengalami sukses besar di Jepang pada tahun 2002. Bintang nya yaitu Bae Yoong Joon bahkan menjadi simbol sex di Jepang. Para fans nya memberikan nya nama panggilan Yon sama.
13. Serial 24
24 adalah serial politik thriller yang disiarkan dari tahun 2001-2010 di channel televisi FOX. Demam Jack Bauer pun mulai melanda Jepang (Jack Bauer adalah salah satu tokoh fiksi dalam serial tersebut yang berperan protagonis).
Kurotomesode Merupakan kimono yang digunakan oleh wanita yang sudah menikah. Ciri khasnya adalah motif yang tidak terlalu mencolok dan sangat sederhana/polos. Serta kurotomesode mempunyai motif indah pada suso (bagian bawah sekitar kaki) depan dan belakang.
Furisode
Merupakan kimono yang digunakan oleh perempuan yang belum menikah. Ciri khas kimono ini adalah memiliki lengan yang sangat panjang. Furisode digunakan dalam acara yang sangat formal untuk menunjukkan mereka masih single dan siap untuk menikah.
Homongi
Hōmon-gi (訪問着?, arti harfiah: baju untuk berkunjung) adalah kimono formal untuk wanita, sudah menikah atau belum menikah. Pemakainya bebas memilih untuk memakai bahan yang bergambar lambang keluarga atau tidak. Ciri khas homongi adalah motif di seluruh bagian kain, depan dan belakang. Homongi dipakai sewaktu menjadi tamu resepsi pernikahan, upacara minum teh, atau merayakan tahun baru.
Iromuji
Iromuji adalah kimono semiformal, namun bisa dijadikan kimono formal bila iromuji tersebut memiliki lambang keluarga (kamon). Sesuai dengan tingkat formalitas kimono, lambang keluarga bisa terdapat 1, 3, atau 5 tempat (bagian punggung, bagian lengan, dan bagian dada). Iromoji dibuat dari bahan tidak bermotif dan bahan-bahan berwarna lembut, merah jambu, biru muda, atau kuning muda atau warna-warna lembut. Iromuji dengan lambang keluarga di 5 tempat dapat dikenakan untuk menghadiri pesta pernikahan. Bila menghadiri upacara minum teh, cukup dipakai iromuji dengan satu lambang keluarga.
Uchikake
Uchikake merupakan jenis kimono khusus yang digunakan pengantin jepang. Ciri khas kimono ini adalah bahannya yang terbuat dari sutra dan ukurannya yang jauh lebih panjang.